Selain Kaliurang dan Gunung Merapi, Ademkan Hati dengan Tempat-Tempat Wisata Ini


Mbak Titi dan Jogja adalah sesuatu yang agak asing kalau harus terus tak bertemu. Iya, aku paling hobby jalan-jalan ke sana. Makanan, budaya dan alamnya adalah yang paling pas untuk selalu dirindukan.


Jalan-jalan ke Jogja pasti nggak lengkap kalau belum mengunjungi Kaliurang dan Gunung Merapi. Kedua tempat wisata di Jogja ini memang menjadi ikon pariwisata bagi kota tersebut. Biar dibilang sudah sering kali ke sini, petualangan bakal terasa kurang kalau nggak kembali mengunjungi keduanya.

Kalau sudah terlalu lama nggak balik ke Jogja, sekarang semakin banyak tempat wisata alternatif yang bisa kamu kunjungi sebelum atau sesudah mampir di Kaliurang dan Gunung Merapi. Ada yang wisata alam, museum, sampai taman tematik.

Sambil mencatat tempat wisata di Jogja dalam agenda liburan, berikut adalah daftar kawasan wisata wajib dikunjungi di sekitar Kaliurang dan Gunung Merapi.

Museum Gunung Merapi

foto:travel.detik.com
Buat kamu yang mengagumi Gunung Merapi, sempatkan waktu untuk mampir di Museum Gunung Merapi, yang berada di sekitar Kaliurang. Ada banyak data dan fakta yang bisa dicatat mengenai letusan-letusan salah satu gunung paling aktif di Indonesia ini. Biar dirimu makin mengenal gunung yang nggak hanya mengerikan saat meletus, tapi juga memberikan kesuburan bagi tanah Jogja.

The World Landmarks


foto:gudeg.net
Lokasinya dekat dengan Museum Gunungapi Merapi. Jadi setelahnya, kamu bisa datang ke The World Landmarks. Sesuai dengan namanya, tempat wisata ini dipenuhi dengan replika-replika landmark dari seluruh dunia. Mulai dari  Menara Eiffel, Big Ben, sampai Patung Liberty ada di sini. Yang doyan selfie atau wefie, pastikan kamu bakal datang ke sini.

Taman Nasional Gunung Merapi



foto:gcbiounnes.org
Taman Nasional Gunung Merapi merupakan sebuah kawasan dengan udara yang sangat nyaman, sejuk dan segar. Begitu sampai di tempat ini, puluhan atau bahkan ratusan monyet liar bakal menyambutmu. Meski jinak, tapi tetap waspada dengan setiap barang bawaan. Salah satu objek wisata menarik di dalam TNGM ini adalah Air Terjun Tlogo Muncar. Meski debit airnya berkurang sejak letusan Merapi tahun 2006, nggak mengurangi keindahan air terjun ini.

Bukit Klangon


foto:ksmtour.com
Menelusuri tempat wisata di Jogja bakal nggak lengkap kalau belum camping di Bukit Klangon. Dari kawasan ini, kamu bisa menikmati keindahan Gunung Merapi dengan lebih sempurna, terutama saat langit cerah. Nggak usah khawatir capek di jalan karena sudah ada rute trekking yang bagus dan memadai.

The Lost World Castle


foto:@thelostworldcastle
Benteng Takeshi di kehidupan nyata. Kalau biasanya cuma bisa nonton keseruannya di televisi, coba kunjungi salah satu tempat wisata di Jogja ini. The Lost World Castle terletak di daerah Cangkringan, Sleman. Tapi ada makna yang dalam di balik nama The Lost World Castle, yaitu untuk mengingatkan betapa bahayanya erupsi Gunung Merapi, yang mampu menghilangkan desa-desa di sekitar lerengnya.

Stonehenge Merapi


foto:gudeg.net
Di sekitar Merapi juga ada bebatuan raksasa yang disusun seperti Stonehenge yang terdapat di Inggris. Kalau yang di luar negeri sudah ada sejak dahulu kala, yang ada di Gunung Merapi merupakan bikinan teknologi modern, menggunakan bebatuan bekas erupsi gunung tersebut.

Blue Lagoon Kaliurang


foto:@indoflashlight
Sebelum mengakhiri petualangan menyusuri tempat wisata di Jogja, khususnya di sekitar daerah Gunung Merapi, jangan lupa untuk datang ke Blue Lagoon Kaliurang. Sebuah tempat pemandian dengan air sebening embun dan yang paling penting, alami. Bakal lebih menyenangkan kalau datangnya di hari biasa, biar bisa main air sepuasnya karena jarang pengunjung.
Tujuh tempat wisata di Jogja yang ada di sekitar Kaliurang dan Gunung Berapi bakal membuat petualangan kamu jadi lebih menyenangkan. Buat yang naik transportasi umum, seperti kereta api dan pesawat, jangan lupa booking tiket lebih awal. Biar nggak kehabisan karena Jogja adalah destinasi favorit buat siapa saja.

2 komentar:

  1. Recommended banget nih tempat"nya..

    The world landmarks bagus tuh, bisa liat replika berbagai negara..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banget mas, coba deh main-main ke sana.

      Hapus