Eat

Brownies Kukus Skippy, Dijamin Enak dan Mudah

Mei 05, 2018


“Dek, ada Skippy nih. Enaknya dibikin apa ya?” Tanya mbak Titi ke si adek.

“Ah Skippy mah diolesin di roti tawar juga udah enak, kan emang Skippy-nya udah enak.”

Kadang si adek suka bener uga kalau ngoceh. Tapi, kan, sayang skill masakku yang enggak seberapa ini masa enggak dilatih.


“Eh, kalau enggak Mbak Titi coba bikin brownies aja gimana? Di adonannya dikasih Skippy terus dioles-oles juga. Ehhmm, bayanginnya aja aku udah ngiler loh.” Tetiba, spontan si adek mengeluarkan ide paling cemerlang yang pernah keluar dari mulutnya yang bisanya hanya dipakai untuk nyela kakak sendiri, hufht.

Aku, dengan kemampuan memasak paling cupu ini akhirnya jadi merasa tertantang. Seru uga kayanya nyobain bikin brownies. Kalau kata si mama ya, “Bahannya udah enak mah biar masaknya cuma diaduk-aduk doank juga enak.”

OK, siapa sih yang berani bilang Skippy enggak enak? Sejujurnya saya enggak doyan kacang, dari kacang bawang, kacang kulit, kacang rebus, enggak suka pokoknya. Tapi, anehnya aku suka Skippy, ya mungkin bau langu dari kacang dan teksturnya yang sering membuat gigiku mesti bersusah payah sirna di Skippy Peunut Butter ini.

And, did you know? Sekarang Skippy punya varian Skippy Chocolate Peunut Butter, surga banget ini buat Mbak Titi yang pecinta coklat dan tetap suka Peanut Butternya Skippy yang selalu juara di hati.

Langkah pertama adalah, bingung, kemudian bengong, kemudian mandi, kemudian terinspirasi untuk mulai browsing resep. Ya, di zaman yang serba canggih ini, cari resep jadi lebih mudah daripada cari jodoh, setuju kan?

Ternyata Brownies tuh ada 2 macem, yang dipanggang dan yang dikukus. OK, berhubung aku enggak akrab sama oven, akrabnya kan cuma sama dia dan keluarganya, eh curhat. Aku lebih memilih yang dikukus aja lah.

Sebenernya enggak akrab juga sih sama kompor, tapi paling enggak pernah ada hubungan walaupun enggak lama. Jadi, aku pikir akan lebih mudah lah untuk urusan membangun chemistrinya.

Pertama-tama ngubek-ngubek dapur dan mulai cari bahan.

Bahan yang perlu disiapkan:

1.     Seperangkat alat sholat.
2.     Buku nikah.
3.     Kesiapan mental.
4.     Restu orang tua.

Ehm, sebentar, kok ini kayanya salah bahan ya. OK, ini mah yang aku dan dia perlu siapkan untuk dapat ucapan selamat menempuh hidup baru. Skip.

Bahan yang perlu disiapkan untuk membuat Brownies Kukus Skippy di Mana-Mana:

1.   Tepung terigu 7 sendok makan (Alhamdulillah, ada)
2.     Baking soda 1 sendok makan (Alhamdulillah, ada)
3.     Gula pasir 6 sendok makan (Ada dong!)
4.     Air hangat 6 sendok makan (Ternyata yang perlu hangat enggak cuma hubungan ya, air juga perlu. Ini sih ada.)
5.     Minyak goreng 6 sendok makan (Yes, banyak, mau segelas juga ada)
6.     Coklat bubuk apa aja ( OK, mesti beli yang agak jauh, mungkin di toko kue Mekarsari)
7.     Telur 2 butir (Kemarin baru beli sekilo)
8.     Skippy Chocolate Peanut Butter dan Parutan Keju.


Alhamdulillah sebagian sangat besar ada semua, tinggal siap-siap, pakai jilbab, ambil kunci motor, kemudian jalan nyari coklat bubuk.

Nah, bahan sudah nangkring manis di dapur, langkah selanjutnya adalah berdoa, semoga masakan ini kemakan. Setelah selesai berdoa, jangan lupa lakukan langkah-langkah di bawah ini supaya jadi Browniesnya.

1.   Pertama-tama, kocok telur dan gula pasir dengan whisk sampai berbuih. Diemin di wadahnya, itu yang gelas stainless.
2.     Di baskom hijau, campur tepung terigu, coklat bubuk, selai Skippy dan baking powder lalu campurkan adonan telur.
3.     Tambahkan air hangat dan minyak goreng, aduk sampai adonan tercampur whisk. Jadi tidak perlu menggunakan mixer ya.
4.     Tuang adonan ke dalam loyang yang sudah diolesi sedikit minyak goreng.
5.     Kukus selama 30 menit ke dalam panci yang sudah mendidih airnya. Saat mengukus, tutup panci dialasi lap atau serbet bersih untuk menyerap uap air agar tidak jatuh ke adonan.
6.     Tusuk adonan dengan l ujung sendok, jika tidak ada adonan yang terbawa pertanda brownies sudah matang sempurna.
7.     Setelah matang, angkat, potong-potong dibagi 3, kemudian setiap potong olesin selai Skippy secara berlebihan, agar kenikmatannya juga berlebih. Kalau sudah oles-oles selai Skippy, taburkan keju diatasnya, supaya kaya brownies-brownies yang serius aja sih.

Sekianlah cara saya yang berkemampuan seadanya coba-coba buat Brownies. Berhubung memang saya enggak akrab sama mixer jadilah saya menghindari alat itu, takut rusak kemudian dimarahi mama.


Jadi alat yang dipakaipun sederhana sekali, sesuatu yang saya sudah akrab, tapi jangan remehkan brownies yang mungkin penampakannya agak aneh ini. Untuk urusan rasa, tetap enak kok. Ya, sekali lagi, jelas bukan karena aku jago masak, tapi lebih karena bahannya memang sudah enak. Selai Skippy sangat membantu dalam proses masak-memasak ini.


Walaupun untuk urusan rasa browniesnya masih standar, tapi berkalt topping Skippy yang melimpah adekku masih sangat doyan dan kalap makannya.


Pelajaran berharga dari nekat masak brownies hari ini adalah, masak itu bisa banget dibuat enggak ribet. Makanan endes macam brownies gini, bisa banget enggak usah ketemu mixer dan oven.  Dan, satu lagi yang berharga, masak tuh wajib banget pakai bahan yang awalnya sudah enak, jadi enggak usah repot kalau masakan kita gagal, masih bisa kemakan, karena bahan bakunya juga sudah enak.

Kalian boleh juga loh kalau mau intip-intip kreasi olahan Skippy lainnya di:

Facebook : https://www.facebook.com/SKIPPYIndonesia/
Instagram : https://www.instagram.com/skippybrand/
Twitter : https://twitter.com/Skippy
Website : http://www.peanutbutter.com/

Sekian pamernya mbak Titi yang baru bisa masak brownies kukus aja. Setelah ini, jadi enggak takut lagi sama tantangan masak camilan, cake, kue. Segala yang tampak tak mungkin sesungguhnya masih bisa diusakan kok. Ini semacam harapanku mendapatkan dia, tampat tak mungkin saat ini, tapi masih terus saja aku usahakan. Minta doanya ya teman-teman semoga semua usahaku membuahkan hasil yang memuaskan.

Salam Brownies Kukus Skippy, dari mbak Titi yang enggak mau ribet tapi banyak mau.


Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan dan Praxis sebagai perwakilan SKIPPY® Peanut Butter Indonesia.


  • Share:

You Might Also Like

30 komentar

  1. Wiiih. Bikin brownies juga. :D
    Adek lahap banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Si adek mah asal coklat atau skippy pasti lahap. hehehe

      Hapus
  2. Waaah, brownies rasa kacang-kacang gitu dong yaaa, jadi pengen nyoba...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyah, kacang coklat, soalnya aku pke skippy yg chocolate peanut butter. endees deh kakak

      Hapus
  3. Idenya keren ini. Baru tahu, skippy bisa jadi brownies.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Skippy bisa dimasak apa aja bang, soalnya skippynya udah enak.

      Hapus
  4. Aku tuh ngelihat resep Skippy bertebaran jadi pengen nyobain apalagi ini brownies kukus yang paling gampang untuk diterapkan. Dijamin orang-orang dirumah pasti suka.

    BalasHapus
  5. ih kok aku ngiler sih kak liatnya, kemaren aku baru nyobain skippy yg crunchy dan creamy .. jd pengen makaaan :D

    BalasHapus
  6. Looks yum... Itu skippy nya boros banget Mba Titi 😊😊😊

    BalasHapus
  7. Aduuuh aku lemah deh kalau soal makanan, apalagi kalau pake Skippy peanut butter. Yummy abis! Nanti pas tanggal merah mau cobain resep ini ah karena aku emang lebih senang brownies kukus dibandingkan yang panggang.

    BalasHapus
  8. wah aku juga suka banget sama si skippy ini, buat colek rpoti aja udah enak apalagi dibuat kreasi bgni y mba

    BalasHapus
  9. wah luar biasa ya teman-teman yang ikut lomba ini. Good luck dear

    BalasHapus
  10. Olahan skippy enak nih bisa jadi inspirasi buat menu ramadhan nanti.

    BalasHapus
  11. Ciyee masaaak, gantuan dong aku yang nyoba kue kamu. Buatin yaa pakai skippy

    BalasHapus
  12. Bolehlah dibagi-bagi kalau enak .. hahaha

    BalasHapus
  13. Bikin ngiler coba aahh buat pk Skippy

    BalasHapus
  14. Wah banyak yang bisa dibuat ya dengan berbagai varian makanan

    BalasHapus
  15. yei...bikin ah. mumpung mau puasa.

    BalasHapus
  16. walau browniesnya dengan bentuk yang kurang maksimal yah mbak,, tapi kok kelihatan menggiurkan yah.. apalagi tau ini pake skippy dibuatnya,, makin ileran ini liatnya,,,

    BalasHapus
  17. Yummy, anak anak pasti suka nih

    BalasHapus
  18. Resep nya bermanfaat nih. Bisa ku ae buat bikin brownies di rumah, Nyam nyam

    BalasHapus
  19. Aku gak begitu sukan kacang, makanya jarang banget beli skippy. Sekarang udah ada campur varian coklatnya ya? Klo gitu, aku nyoba ah

    BalasHapus
  20. Wah.. pinter nih bikin kreasi bareng skippy.. bisa nyontek resepnya ya.

    BalasHapus
  21. Hmm.., ternyata bisa bikin brownies ga pake mikser yah. Ah, yang penting looks yummy...

    BalasHapus
  22. Anakku senang kue pisang bikinanku karena diberi Skippy.

    BalasHapus
  23. Mba! Ini menggugah selera banget, ampe ngeces! Hehehe.. untung bacanya pas ga lagi puasa :D :D

    BalasHapus
  24. Skippy emang enaaaak pake banget! Jadi pengen kreasi juga nih pake Skippy :)

    BalasHapus
  25. aduuuh skippy-nya menggoda. Ternyata bikin brownies skippy butuh kehangatan alias air hangat >,<

    BalasHapus
  26. Kesalahan terbesar baca postingan ini pas jam segini di bulan puasa :')
    Ini kok enak banget yak

    BalasHapus
  27. haduuuh... menggoda sekali, tampilannya udah ala ala seleb foodstragam gitu...

    BalasHapus