Pendakian Gunung Papandayan 4-6 desember 2015

Akhirnya perjalanan yang ditunggu-tunggu ini datang juga, dan akhirnya gw JADI BERANGKATT !! yeayyyyyy .. *jingkrak-jingkrak girang*

Maaf ya X gw gag bisa dateng merit loh. gag sanggup gw liatnyah! :( . Bye Jakarta, Hey Garut, hey cisurupan, hey Papandayan Im coming. Buat aku tersenyum yaa ;)

Gw berangkat dengan luka menganga di hati, gw berangkat dengan hati yang luluh lantah dan senyum yang di paksakan. Malam itu, Jumat 4 desember 2015 gw dengan susah payah bawa motor dengan daypack deuter baru yang ternyata berat juga melaju kencang ke kosan Leni dan lanjut ke terminal kampung Rambutan yang jadi meeting point gw sm Eka sang penyelamat trip ini ;)

Singkat cerita gw leni ketemu si Eka di Rambutan dan ternyta si Eka bawa temennya yang ga tau namanya siapa. Si Eka juga ga ngenalin ke kita, hari ini anak itu berantakan banget beda sama pas kita ketemu di tempat Opik. kita berdua aja sampe gag ngenalin. Akhirnya jam stgh 10an gw naik bis menuju garut ... dan ternyta bisnya nge tem donk jam 12an dia baru jalan dari Ps. Rebo.

Si K Zul udh nunggu kita di basecamp di terminal Guntur, Garut, Jawa barat. Singkat cerita kita berlima kumpul di Guntur jam 5 pagi tanggal 5 Des 2016, gw leni K Zul eka dan temennya yang sampai saat itu gw masih gag kenal. bahkan di bis pun gw misah sama eka sama temennya.

Dari Guntur kita carter angkot gitu gabung sama rombongan lain melaju ke Cisurupan. Dari Guntur ke Cisurupan ternyata lumayan juga, gw pikir deket.Setelah sempit2an di angkot akhirnya kita sampe juga di Desa Cisurupan. Disini kita cek ransum, dan ngelengkapin perbekalan kita buat di atas nanti. Selesai repack kita melanjutkan perjalanan naik mobil bak gitu ke kaki Gunung Papandayan. Sepanjang jalan di mobil bak gw mulai menghirup udara yang luar biasa sejuk dan suasana sunyi yang menenangkan.

Sesampainya di start pointnya pendakian kita sempetin buat makan nasi goreng, lapar lahh secara dr kmrn sore kita belum pada makan.

si bapak bahkan masih pke kompor beginian buat bikinin nasi goreng kita.


Gue sama Leni makan dengan sangat lahap, dan disini gw baru tau ternyata temennya si Eka itu namanya Dedi. Dan itupun gw inisiatip buat kenalan, dia terlihat udah jago nanjak. Dan ternyata pas ngobrol-ngobrol dia emang udh pernah naik Cermai sama Cikuray. Oke buat gw, Leni dan k Zul ini adalah pengalaman pertama kita naik.

Maka dari itu gag aneh kalo kita yang paling cupu lahh di perjalanan ini. Dengan semangat 45 gw memulai pendakian ini, oia fyi aja sii walopun gw sama leni perdana tapi kita udh smpet nge gym sm renang minggu lalu ceritanya mahh nyiapin fisik buat mendaki. Tapi ternyata baru sampe kawah gw udah mulai ngos2an dan muka mulai gag control

ini guide kita, penyelamat trip gw. EKA
ini yang namanya Dedi

Kalo ini gw sama leni yang baru sampe sini udah payah
Di sini aja gw udah gag keruan dan mulai ngedumel di dalam hati
Katanya bagus buat pemula, katanya treknya gampang, katanya ini gunung asik apalah apalah ini gw udah capek banget rasanya pengen pulang aja.
Hahaha.. rasanya pengen ketawa kalo inget tuh. Dan sepanjang jalan si eka cm bilang.. Ayoo semanagt bentar lagi warung .. dan BT adalah saat gw jalan ngos2an di pinggir kawah yang asepnya bau amit2 dan nutupin pandangan dan mulai turun hujan malah ada bapak2 lewat naik motor. Aisshhh gw kezeell!! rasanya pengen nebeng aja.. hha

Gag lama iyahh bener gw ketemu warung, si Eka udah sampai sana dluan dan lagi asik minum es Nutrisari. Disini dinginnya udah mulai amit2, rasanya kaya masuk kulkas.. Gw mulai gemeter, sembari nunggu ujan reda kita ngbrol2 sama si ibu warung. Waktu ujan udah mulai berenti kita melanjutkan perjalan LAGIII .. yang kalo kata Eka bntar lagi kita sampe, gag usah berenti2 lagii yaa... Dengan gaya gw bilang. OKEE...

 Ternyata kita masih harus ngelewatin tanjakan yg amit2 ini -.-

bayangkan, aku pemula dan disuruh lewat sini :(
Itu sebenernya bukan foto gw, boleh ngopi dr blog orang. Pas disitu gw g sanggup buat foto udah oleng parah, dan parahnya pas gw kesana ujan cuiii, tambah licin, becek yaa bisa lw bayanginlah. Sebenernya Papandayan emang enak banget, banyak bonusnya, banyak jalan datarnya tapi aku ngerti apa. Yang gw tau cm satu, jalan terus ngikutin Eka.

Sampai akhirnya setelah perjalan lebih kurang 4jam kita sampai di Pondok Saladah. Disini kita langsung ndriin tenda, masak-masak, makan, dan bobo2 cntik sebentar.

Ini adalah rumah2an kita, yg co trek itu tenda peyempuan ;)
Ini lah yang namanya Pondok Saladah

Itu tenda kita di balik rimbun pohon cantigi
Tugas gw sama Leni dalam team  ini adalah bagian cuci2 beras sama cuci2 piring, yang masak mahh bagian bapak Eka dan Deddy .. hhe. Oia just info aja di Papandayan air melimpah, bahkan ada oilet juga, jadi lo gag perlu bawa air banyak2 naik ke atas

Itu jalan petunjuk toilet, yang gag pernah kosong, antri melee

bahkan disini juga banyak warung
Pokoknya gw betah banget lahh lama2 di pondok saladah ini. Bahkan gw berencana buat balik lagi kesini Februari ini. Pondok Saladah pokoknya ngangenin, dinginn banget dan yang nyebelin pas kita kemaren disana lagi banyak banget si Omen (babi hutan Papandayan).

Bahkan ruang tamu tenda kita sempet dimasukin omen, ngeselin kan. Pokoknya kalo kalian kesini harus bersih dan gag boleh jorok ato kalian bakal di tabrak omen, ini serius!

Pas udah kenyang kita sempetin buat bikin parit d sekeliling tenda, ini penting banget karena kita nenda pas musim ujan


ini si leni lagi ngintipin cwok2 bobo, jgan di contoh yaa.. hha

ini gw lagi ngorek2 tanah supaya jadi parit

Setelah kenyang makan dan kenyang istirahat gw leni sama deddy nyempetin buat foto2








Ini view di pondok Saladah, lo udah bisa narsis2 cantik sama edeweiss karna disini edelweiss pabalatak dimana2. Pokoknya ini tempat bikin betah, bikin lo males buat jalan lagi. Karena cuaca gag mendukung hujan dan kabut dimana mana akhirnya kita memutuskan buat muncak besok pagi. Dari sini ke puncak kurleb butuh waktu 3 jam.

Dan dari sore sampai malem serangan si Omen gag kelar2 gw sampe gag bisa tidur. Dan ditengah serangan omen gw lapar dan akhirnya kita inget kalo tadi siang si Eka bikin Nutrijell. Ini adalah Nutrijell yang paling enak yg pernah gw makan, karena makan nutrijell di gunung itu nikmat banget!


dan perlu gw informasihkan berkali-kali bahwasanya di Papandayan dinginnya menusuk kulit, maka jaket yang proper sangat dibutuhkan dalam pendakian ini. jangan kaya gw yang nekat pke jaket motor dan akhirnya kedinginan susah tidur. Sampe sekitar jam 3 si Leni nyelimutin gw pake emergency blanket baru gw bisa tidur.

Sekitar jam 5 kita kebangun dan ngintipin tenda cwok yang masih puless... duhh romannya gag jadi muncak. Tadinya gw pengen bangunin mereka, tapi pas gw baru mau beranjak ujan mengguyur dengan sangat derasss. Dan akhirnya gw putuskan buat ngerumpi aja sama Leni di tenda

Sekitar jam stgh 9an ujan mulai reda dan para lelaki mulai bangun. dan kita mulai masak memasak karena laparrr...

ini cuma buat berlima, ini sihh pesta namanya. brunch !

si deddy sibuk goyeng menggoyeng

si eka sibuk ngupasin cossis

Pasti kalian bingung yaa kok masaknya di tnda, ini dikarenakan ruang tamu kita abis di acak2 omen. hufht! Kalian juga pasti bingung gw sama leni ngapain kalo yang masak mereka berdua, kita bantuin kok! dengan doa.. whehehehehe

Setelah kenyang kita bersiap jalan ke hutan mati, kita memutuskan cuma smpai hutan mati dengan pertimbangan waktu yang mepet ini. kita g mau kesorean turunnya...
Gw pikir deket, ternyata deketnya si Eka beda banget sm gw.. heuh. lelah hayati jalan smpe hutan mati doank. Tapi gag nyesel sii... ini keren banget. keren pokoknya.. undescripsble! lo harus ksni sendiri, foto2 gw ini bahkan g mewakili keindahannya...

senyum dengan hati yang mulai





ini satu2nya foto dengan personil lengkap

disini gw memutuskan mematikan perasaan gw untuk yang hari ini merit
 Lo harus kesana sendiri sejauh mata memandang lo g akan pernah berhenti mengagumi keindahan ciptaan Allah ini. Ini tempat keren abiss, sangat kece. lo smua mesti kesini!

Setelah puas main2 di hutan mati kita memutuskan buat langsung turun gunung. Lucu rasanya saat berangkat gw cuma kenal sama leni dan k Zul, tapi pas turun ini suasana kekaraban sudah sangat kuat dr kita berlima.

di hari ini saya mengucapkan, hepi merit X :)

syemangatttt

cuci kaki duyuuu temans

hayooo len syemangattt

perjalanan masih panjang kawan

mulai oleng mulai lelah

licyinnn cint


asap kawah yang di guyur air ujan

terimakasih, kalian mengajarkan gw cara mencintai alam. salam lestari!


jangan lupa bawa madurasa sachet di pendakian berikutnya. makasih ded supplai madunya :)
Pendakian pertama ini mengajarkan gw banyak hal, kerja sama team even lo, belom saling kenal, uluran tangan yang tulus dan keluarga baru. Pendakian ini menyembuhkan luka yang begitu dalam. Pendakian ini membuat gw jatuh se jatuh2nya cinta sama alam asri pegunungan ini. Pendakian pertama ini membat gw teriak tegas di dalam hati  "GUE HARUS NAIK LAGI, LAGI DAN LAGI ;)"

1 komentar:

  1. Great to see that someone still understand how to create an awesome blog.
    The blog is genuinely impressive in all aspects.
    This a Good blog.
    mgmdomino

    BalasHapus